kei.medika@gmail.com 08117450412

Apa Manfaat dari Tumbuhan Rosella ?

Ditinjau oleh: ANNISA ADRIANI ANUGRAH | 23 November 2022 | Obat-obatan | Dibaca: 29 x

Manfaat Rosella unuk kesehatan belum banyak diketahui. Tanaman dengan nama latin Hibiscus sabdariffa ini kerap diolah menjadi teh atau suplemen. Rosella juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan dan minuman.  Teh rosella dari campuran daun,kelopak,dan pucuk bunga rosella. Karena rasanya yang asam,teh rosella kerap disebut sour tea.

Manfaat Teh Rosella Bagi Kesehatan.

Khasiat tanaman rosella tidak telepas dari kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Selain itu, tanaman rosella juga memiliki manfaat lain diantaranya:

1.    Menurunkan Tekanan Darah. Berbagai penelitian menunjukan bahwa ekstrak tanaman rosella mampu menurunkan tekanan darah pada penderita sindrom metablik. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan tekanan darah,gula darah, kolesterol, serta berat badan.

2.    Mengatasi kolesterol tinggi. Tanaman rosella dipercaya mampu menghambat penyerapan asam lemah jenuh serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. selain itu, roella juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

3.    Mencegah penyakit jantung. Sebelum telah dijelaskan bahwa tanaman rosella bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi dan menurunkan tekanan darah. Hal ini membuat teh rosella bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, daan stroke

4.    Mengatasi edema akibat peradangan. Edema adalah pembengkakan pada jaringan tubuh yang berisi cairan dan biasanya disebabkan oleh peradangan akibat cedera, alergi,maupun infeksi. Dalam hal ini, rosella diklaim bisa meredakan pembengkakan karena adanya kandungan metanol yang bersifat anti radang. Sejauh ini, penelitian mengenai efektivitas rosella dalalm mengatasi edema baru dilakukan pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut unuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

5.    Mencegah kenaikan berat badan berlebih. Salah satu manfaat rosella adalah mencegah kenaikan berat badan atau obesitas. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kandungan flavonoid dan polifenol dan rosella mampu menghambat penumpukan lemak dalam tubuh.

Cara mengelola Rosella

Kesalahan dalam pengolahan dan penyimpanan akan berpengaruh terhadap efektivitas kandungan zat dalam rosela. Tentu saja hal tersebut mampu menurunkan kemanfaatan terhadap tubuh dan efek dari mengonsumsi rosela seperti yang kita harapkan tidak muncul. Kerusakan yang berdampak pada hilangnya manfaat kandungan zat aktif dalam rosela sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Rosela yang telah hilang kemanfaatannya dikenali melalui warna dari seduhan kelopak rosela. Tidak adanya warna merah anggur khas rosela dalam seduhannya menunjukkan antosianin (zat aktif dalam rosela, red.) telah terdegradasi dan khasiatnya pun sudah tidak ada lagi. Hal ini terjadi pada hasil olahan rosela yang berbentuk sirup dalam botol kaca bening yang terkena sinar matahari langsung.

Untuk mendapatkan manfaat teh rosella, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya sebanyak 1,5 – 3 gram per hari dalam 1-2 cangkir teh. Namun, bila Anda memiliki gangguan fungsi hati, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi teh rosella. Hal ini dikarenakan konsumsi teh rosella secara berlebihan dapat meningkatkan risiko keracunan hati. Selain itu, teh rosella juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui. Teh rosella dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh, sehingga berdampak pada sulitnya mengontrol gula darah bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat diabetes. Hindari pula konsumsi teh rosella bersama dengan obat-obatan, semisal paracetamol, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya interaksi obat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari Rosella , namun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Untuk itu disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor sebagai obat herbal. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online menggunakan aplikasi kei medika.

 

Referensi :

https://www.alodokter.com/manfaat-rosella-untuk-kesehatan-dan-cara-mengolahnya diakses pada tanggal 22 November 2022

https://id.wikipedia.org/wiki/Rosela diakses pada tanggal 22 November 2022

https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-teh-rosella-untuk-kesehatan diakses pada tanggal 22 November 2022

 

Belum install aplikasi
Kei Medika? Yuk, unduh sekarang juga!