[email protected] 08117450412

Perawatan Setelah Kucing Dikebiri

Ditinjau oleh: Tim Admin | 06 September 2021 | Peliharaan | Dibaca: 1007 x
Perawatan Setelah Kucing Dikebiri

Kebiri adalah upaya untuk menekan jumlah populasi kucing dengan jalan operasi kecil kucing sudah dapat dikebiri sejak menginjak usia 8 minggu. Masa terbaik untuk melakukan kebiri pada kucing adalah dalam rentang usia 8 minggu hingga usia 6 bulan. Jika melakukan prosedur kebiri pada rentang usia ini, maka kemungkinan komplikasi pasca operasi akan semakin kecil untuk terjadi. Namun untuk memutuskan waktu yang tepat bagi peliharaan anda untuk dikebiri juga memerlukan konsultasi ke dokter hewan karena bisa saja peliharaan anda sedang terkena penyakit. Setelah kebiri dilakukan, maka dibutuhkan prosedur khusus perawatan kucing agar tidak terjadi komplikasi pasca operasi.


Pertama sekali yang anda harus lakukan adalah memperhatikan tingkah pada kucing anda. Jika terdapat gejala berupa kemerahan dan bengkak pada bekas operasi, kesulitan buang air, menolak untuk makan, muntah, diare, dan tidak berkemih selama 24 jam setelah operasi, maka segera hubungi dokter hewan anda. 


Selagi luka operasi masih belum kering, maka penggunaan litter box tidak disarankan. Solusinya adalah dengan menampung kotoran peliharaan anda dan segera mencucinya. Anda juga perlu memantau selama rentang waktu 48 sampai 72 jam apakah peliharaan anda sudah buang air besar. Sebab jika tidak buang air besar sama sekali pada rentang waktu tersebut, maka segera bawa peliharaan anda ke dokter hewan. 


Luka operasi pada kebiri kucing biasanya membutuhkan waktu 10 sampai 14 hari agar luka benar-benar kering. Maka dalam rentang waktu tersebut, kucing harus melakukan semua aktivitasnya dalam kandang hingga luka benar-benar pulih. Setelah operasi, kucing harus mendapatkan waktu istirahat yang lebih banyak sehingga opsi dikandangkan menjadi krusial. Kucing yang dikandangkan juga akan terhindar dari gangguan anak-anak maupun hewan peliharaan yang lain.Penggunaan collar pada leher kucing juga perlu untuk mencegah kucing agar tidak menjilati lukanya. 


Makanan pada kucing yang baru dikebiri sangat perlu untuk diperhatikan dan dijaga. Selama 24 jam pertama, kucing hanya boleh mengkonsumsi sedikit makanan, yaitu sebanyak ΒΌ dari jumlah makanan yang biasa dikonsumsi. Setelah lebih dari 24 jam maka porsi makanan kucing dapat kembali seperti semula. 



Referensi:

https://www.petmd.com/cat/general-health/cat-neutering-aftercare-everything-you-need-know

http://www.nnnlv.org/spay-neuter/cat-post-operative-care/#:~:text=Rest%20and%20sleep%20are%20essential,to%20the%20administration%20of%20fluids.

https://petable.care/2018/03/20/things-you-should-and-should-not-do-for-your-neutered-cat/


Belum install aplikasi
Kei Medika? Yuk, unduh sekarang juga!