[email protected] 08117450412

Omeprazole

Ditinjau oleh: ristilawati assari | 31 March 2022 | Obat-obatan | Dibaca: 3351 x
Omeprazole

Omeprazole merupakan obat golongan protoninhibitor (PPI). Omeprazole adalah obat yang diindikasikan untuk menangani penyakit lambung. Obat ini biasa digunakan dalam pengobatan tukak lambung dan tukak duodenum, tukak lambung dan duodenum yang terkait dengan AINS, lesi lambung dan duodenum, regimen eradikasi H. pylori pada tukak peptik, refluks esofagitis, Sindrom Zollinger Ellison. Omeprazole bekerja dengan cara mengurangi produksi asam lambung. Dengan begitu, keluhan bisa mereda. Berkurangnya produksi asam lambung juga bisa membantu pemulihan kerusakan pada lambung.

 

Kontra indikasi : jangan berikan omeprazole pada pasien yang diketahui hipersensitivitas atau alergi terhadap obat ini atau bahan lain yang terdapat dalam formula. Penggunaan dengan nelfinavir.

 

Dosis : dosis dewasa adalah 20mg, sekali sehari selama 4-8 minggu. Dosis pemeliharaan 10mg atau dapat ditingkatkan 20-40mg per hari tergantung kondisi pasien. Dosis untuk anak usia > 1 tahun berat badan 10-20kg adalah 10mg, sekali sehari selama 4-8 minggu. Anak usia > 2 tahun dengan berat baan > 20kg adalah 20mg, sekali sehari selama 4-8 minggu.

 

Efek samping : penggunaan obat umumnya menimbulkan efek samping tertentu yang berbeda-beda pada setiap individu. Efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan obat ini yaitu, mual, muntah, pusing, mengantuk, insomnia, batuk, lemas, perut kembung, konstipasi, diare, dan peningkatan enzim hati.

 

Aturan pakai : konsumsi obat ini sebelum makan.

 

Cara penyimpanan : simpan obat omeprazole pada tempat yang sejuk dan kering, serta hiindari dari sinar matahari langsung.

 

Jika anda sedang hamil atau menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum konsumsi omeprazole. Jika masih ada pertanyaan lebih lanjut mengenai omeprazole danpenanganan sakit lambung lainnya, anda bisa bekonsultasi dengan dokter via chat melalui aplikasi kei medika.

 

Referensi :

 

https://www.alodokter.com/omeprazole Diakses pada tanggal 31 Maret 2022

https://hellosehat.com/obat-suplemen/omeprazole/ Diakses pada tanggal 31 Maret 2022

https://www.klikdokter.com/obat/omeprazole Diakses pada tanggal 31 Maret 2022

Belum install aplikasi
Kei Medika? Yuk, unduh sekarang juga!