[email protected] 08117450412

Kenali Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: ristilawati assari | 17 July 2022 | Kesehatan | Dibaca: 4142 x
Kenali Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Teh putih atau white tea dibuat dari tanaman Camellia sinensis. Teh putih ini diambil dari kuncup daun teh muda dengan metode pwngolahan yang berbeda sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik. Daun dan kuncup teh putih diambil tepat sebelum benar-benar terbuka, ketika masih ditutupi rambutputih halus. Karena itulah, teh ini disebut teh putih. Teh putih merupakan salah satu teh yang paling sedikit diproses dan rasanya lebih manis jika dibandingkan teh hijau atau teh hitam. Manfaat teh ini juga beragamdan sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari teh putih :

 

Mengurangi risiko penyakit jantung. Polifenol yang ditemukan dalam teh putih dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dalam beberapa cara. Menurut penelitian, polifenol dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan kekebalan. Studi lain telah menemukan bahwa polifenol dapat mencegah kolesterol jahat (LDL), yang merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

 

Melawan radikal bebas. Kandungan polifenol, flavonoid, dan tanin dalam teh putih memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Terlalu banyak kerusakan sel akibat radikal bebas bisa memiliki efek berbahaya bagi tubuh, termasuk peradangan kronis, sistem kekebalan tubuh melemah, dan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit Alzhaimer.

 

Menurunkan risiko osteoporosis. Penelitian membuktikan bahwa katekin termasuk senyawa yang bisa melawan pengeroposan tulang dan merangsang pertumbuhan tulang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa katekin merupakan senyawa antioksidan yang ada di dalam teh putih. Bahkan, kandungan katekin dalam teh yang satu ini paling banyak dibandingkan dengan jenis lainnya. Oleh karena itu, rutin minum teh putih bisa membantu mencegah pengeroposan tulang datang lebih cepat.

 

Menurunkan berat badan. Manfaat teh putih selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah menurunkan berat badan. Ini bekat kandungan senyawa katekin di dalamnya yang bermanfaat untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa ekstrak teh putih mampu menghancurkan lemak dan menghambat penumpukan lemak di dalam tubuh.

 

Meperlambat penuaan. Senyawa dalam teh putih dapat membantu melindungi kulit anda dari efek penuaan internal dan eksternal. Dalam satu studi, para ilmuwan menemukan bahwa menerapkan ekstrak teh putih ke kulit membantu melindungi terhadap efek berbahaya dari sinar UV matahari. Sementara itu, banyak penelitian menemukan bahwa polifenol dalam teh putih dapat menekan beberapa komponen yang dapat merusak jaringan serat. Artinya, teh putih dapat membantu kulit tetap kencang.

 

Membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan di dalam teh putih juga dinilai mampu membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker tertentu dalam tubuh, misalnya kanker paru-paru dan kanker usus besar.

 

Dengan berbagai manfaat teh putih di atas, anda bisa memilih teh putih sebagai minuman sehat anda. Namun, jangan berikan terlalu banyak gula. Jika anda masih memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai teh putih, anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online menggunakan aplikasi kei medika.

 

Referensi :

 

https://www.alodokter.com/manfaat-teh-putih-dan-cara-menyajikannya Diakses pada tanggal 17 Juli 2022

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-teh-putih-untuk-tubuh/ Diakses pada tanggal 17 Juli 2022

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3624563/7-manfaat-teh-putih-bagi-kesehatan Diakses pada tanggal 17 Juli 2022

Belum install aplikasi
Kei Medika? Yuk, unduh sekarang juga!