kei.medika@gmail.com 08117450412

Harus tahu, Manfaat Pemakaian Alat Kontrasepsi (Kondom), Mengapa ?

Ditinjau oleh: ANNISA ADRIANI ANUGRAH | 29 November 2022 | Kesehatan | Dibaca: 84 x
Harus tahu, Manfaat Pemakaian Alat Kontrasepsi (Kondom), Mengapa ?

Penting bagi setiap pria untuk mengetahui cara pakai kondom yang benar. Tak hanya dapat mencegah terjadinya kehamilan, penggunaan kondom yang benar juga dapat mengurangi risiko penularan penyakit seksual. Kondom  merupakan salah satu alat kontrasepsi yang terbuat dari bahan sejenis karet yang dipasang pada alat kelamin sebagai pelindung saat berhubungan seksual.

Manfaat dari pemakaian kondom

Sebagai alat kontrasepsi, manfaat kondom cukup banyak bagi kesehatan. Berikut ini di antaranya: 

1.Mencegah Kehamilan yang Tidak Diinginkan

Jika dipasang dengan benar, penggunaan kondom setidaknya dapat mengurangi risiko kehamilan hingga 98 persen. Artinya, hanya 2 dari 100 orang yang mungkin hamil setelah berhubungan intim menggunakan kondom. Namun, jika pemasangan kondom kurang baik, efektivitas dan manfaat kondom dalam mencegah kehamilan dapat turun menjadi 85 persen.

Kondom dapat membantu metode KB lainnya untuk bekerja lebih efektif. Sebab, tidak ada metode yang 100 persen efektif untuk mencegah kehamilan. Jadi, menggunakan kondom sebagai kontrasepsi tambahan merupakan ide yang baik. 

2.Mencegah Penularan HIV

Virus HIV mudah menyebar melalui hubungan intim tanpa kondom, karena penularannya melalui kelamin. Menggunakan kondom dapat mencegah kamu menyebarkan atau terinfeksi virus ini.

 

3.Memperpanjang Durasi Berhubungan Intim

Perlindungan itu penting, tapi kepuasan juga perlu dipertimbangkan. Kondom ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seks kamu dan pasangan dengan memperpanjang durasi hubungan intim. Mengapa ?

Hal ini karena kondom memiliki banyak model, bentuk, dan tekstur yang bervariasi yang dapat meningkatkan sensasi seks bagi kedua pasangan. Meminta pasangan memasang kondom pada Mr.P-nya juga bisa menjadi bagian yang seksi dari foreplay. Kondom, bahkan dapat menunda ejakulasi, sehingga hubungan intim bisa berlangsung lebih lama. Kamu dapat menggunakan kondom untuk seks oral, anal, dan vaginal. Manfaat kondom dapat membuat kamu fokus pada kesenangan dan kepuasan berhubungan intim dengan pasangan, tanpa khawatir tentang kehamilan atau penyakit menular seksual (PMS).

4.Menjaga Ereksi

Ini adalah manfaat kondom lainnya yang juga perlu diketahui pria. Terutama bagi yang mengalami kesulitan mempertahankan ereksi, penggunaan kondom bisa membantu ereksi bertahan lebih lama.

 

5.Mencegah Cedera

Kondom dibuat dengan lapisan pelumas, agar penetrasi bisa berlangsung dengan lancar. Nah, banyaknya pelumas pada kondom membuat risiko cedera saat berhubungan intim menjadi sangat rendah.

 

6.Higienis

Salah satu alasan mengapa hubungan intim perlu menggunakan kondom adalah lebih sehat dan higienis. Manfaat kondom ini membuat hubungan intim menjadi lebih bersih dan lebih aman. Selain itu, menggunakan kondom berarti mencegah penularan penyakit menular seksual, seperti gonore, trikomoniasis, herpes, sifilis, dan lainnya.

 

7.Harganya Terjangkau dan Mudah Didapatkan

Kamu bisa mendapatkan kondom dengan sangat mudah di berbagai toko, online marketplace, dan di apotik. Selain itu, harganya tidak mahal dan bisa didapatkan tanpa menggunakan resep atau identitas diri. Jadi, bisa dibilang kondom adalah alat perlindungan yang praktis dan terjangkau, tetapi dapat memberikan perlindungan besar

Inilah Cara Pakai Kondom yang Benar

Berikut ini adalah langkah-langkah memakai kondom yang benar agar bisa memberikan manfaat yang maksimal:

  • Buka kemasan kondom secara perlahan dan hindari menggunakan gunting atau gigi agar kondom tidak robek.
  • Ambil kondom dan keluarkan dari kemasan.
  • Jepit ujung kondom yang terdapat di bagian tengah lingkaran dengan jari untuk mencegah udara masuk.
  • Sambil memegang ujung kondom, tempatkan kondom di atas kepala penis. Pastikan penis sudah ereksi sempurna saat memakai kondom.
  • Buka gulungan kondom dengan lembut ke arah pangkal penis. Jika gulungan kondom tidak bisa diturunkan, berarti pemakaiannya tidak tepat atau terbalik.
  • Ambil kondom baru jika telah melakukan kesalahan tersebut dan mulai dari awal.
  • Ketika selesai berhubungan dan telah mengalami ejakulasi, segera keluarkan penis dari dalam vagina.
  • Sambil mengeluarkan penis, tahan ujung kondom pada pangkal penis agar kondom tidak terlepas.
  • Usai penis sepenuhnya keluar dari vagina, tarik kondom dari penis secara perlahan agar sperma di dalamnya tidak keluar. Bungkus kondom bekas dengan tisu dan buang ke tempat sampah.

Setelah mengetahui manfaat pemakaian Kondom , Mari hindari PMS dengan memakai kondom . Konsultasikan dengan dokter untuk tindakan terbaik. Apabila anda ingin mendapatkan layanan kami silakan download aplikasikeimedika playstore atau bisa kunjungi kami ke klinik kei medika khusunya warga Jambi

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/7-manfaat-menggunakan-kondom-bagi-kesehatan diakses pada tanggal 29 November 2022

https://hellosehat.com/seks/seks-aman/fungsi-kondom/ diakses pada tanggal 29 November 2022

https://www.alodokter.com/cara-pakai-kondom-yang-tepat-agar-semua-aman-dan-senang diakses pada tanggal 29 November 2022 

Belum install aplikasi
Kei Medika? Yuk, unduh sekarang juga!