kei.medika@gmail.com 08117450412

Apa itu Batu Ginjal?

Ditinjau oleh: ANNISA ADRIANI ANUGRAH | 24 November 2022 | Penyakit | Dibaca: 42 x

Batu ginjal atau bisa dikenal dengan kencing batu kondisi akibat terbentuknya endapan padat di dalam ginjal yang berasal dari zat kimia dalam urine. Ukuran batu ginjal bisa mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar kacang polong. Zat kimia yang bisa membentuk batu dan menyumbat saluran ginja adalah asam oksalat dan kalsium. Seiring berjalannya waktu, kedua zat tersebut bisa semakin keras hingga seperti batu. Batu – batu kecil biasanya bergerak melalui saluran kemih dan keluar dari tubuh tanpa Anda sadari. Namun, beberapa batu akan terus membesar di dalam tubuh selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Penyebab Batu Ginjal.

Batu ginjal terbentuk akibat tingginya kadar zat kimia, seperti kalsium, asam oksalat, dan fosfor dalam urine. Zat-zat ini dapat membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Seiring berjalannya waktu, kristal tersebut akan makin keras seperti batu. Tingginya kadar zat kimia dalam urine dapat terjadi akibat konsumsi makanan tinggi purin dan kalsium, kekurangan asupan cairan, serta efek samping operasi dan obat-obatan, serta kondisi medis tertentu. Umumnya, batu ginjal yang berukuran kecil tidak menimbulkan gejala. Akan tetapi, batu ginjal yang berukuran besar dan tersangkut di dalam saluran urine dapat menimbulkan rasa nyeri hebat di bagian pinggang. Rasa nyeri tersebut membuat penderitanya merasa tidak nyaman meski sudah berganti posisi tubuh.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

 

Ketika batu ginjal masih berukuran kecil, gejala yang muncul mungkin tidak terlalu terasa karena batu bisa keluar dari tubuh melalui saluran ureter secara alami dan lebih mudah. Akan tetapi, apabila batu telah berukuran lebih besar dibandingkan dengan diameter dari saluran ureter, gejala baru akan terasa. Adapun gejalanya antara lain:

·         Sering buang air kecil.

·         Terasa sakit ketika buang air kecil.

·         Nyeri pada perut bagian bawah atau samping, pinggang, dan area selangkangan.

·         Terkadang muncul rasa mual. 

·         Jumlah urine yang keluar sedikit atau tidak keluar sama sekali.

Batu ginjal dengan ukuran besar akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter, sehingga bisa mengakibatkan terjadinya iritasi bahkan munculnya luka. Kondisi inilah yang menjadi penyebab urine terkadang keluar dengan disertai darah. Tak hanya mengakibatkan ureter mengalami iritasi, batu ginjal juga bisa tersangkut dalam ureter atau uretra, sehingga terjadi akumulasi bakteri yang berujung pada infeksi dan pembengkakan. Sementara itu, jika pengidap batu ginjal terserang infeksi, gejala lain yang terasa yaitu urine keruh dan menimbulkan aroma tak sedap, badan menggigil, demam, dan lemas. 

Pengobatan dan Pencegahan Batu Ginjal

Metode pengobatan batu ginjal tergantung pada ukuran dan jenis batu ginjal. Jika batu ginjal berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala, perawatan dapat dilakukan di rumah. Namun, jika batu ginjal berukuran besar dan menimbulkan gejala, maka penanganan harus dilakukan oleh dokter. Cara yang tepat untuk mencegah penyakit batu ginjal adalah dengan menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Upaya yang dapat dilakukan antara lain banyak minum air putih, membatasi konsumsi garam, serta tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar oksalat tinggi. 

Jika mengalami gejala tersebut, konsultasikan dengan dokter untuk tindakan terbaik. Apabila anda ingin mendapatkan layanan kami silakan download aplikasi keimedika di playstore dan bisa juga kunjungi website kami www.keimedika.com atau bisa langsung datang klinik pratama keimedika di daerah Jambi, teman-teman yang berada di sekitaran daerah Jambi bisa langsung datang.

 

Referensi :

https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-batu-ginjal diakses pada tanggal 19 November 2022

https://www.alodokter.com/batu-ginjal diakses pada tanggal 19 November 2022

https://hellosehat.com/urologi/ginjal/pengertian-batu-ginjal/ diakses pada tanggal 19 November 2022

 

 

Belum install aplikasi
Kei Medika? Yuk, unduh sekarang juga!